Pengembangan Modul Pembelajaran Trigonometri Berbasis Soal Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Hafizatunnisa, Hafizatunnisa (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Trigonometri Berbasis Soal Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_HAFIZATUNNISA_19029020_4018_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di SMA 12 Padang dilihat dari komponennya seperti modul pembelajaran. Namun, modul yang ada masih bersifat umum dan belum optimal untuk membiasakan peserta didik dengan soal-soal pemecahan masalah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan modul pembelajaran berbasis soal pemecahan masalah. Topik pada modul yaitu trigonometri, sebab trigonometri menjadi materi yang sangat penting dalam matematika. Pada materi trigonometri, ada banyak peluang pemecahan masalah serta melibatkan kemampuan penalaran dan pembuktian. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap pengembangan (prototyping fase), dan tahap penilaian (Assessment fase). Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh tiga orang validator, yang terdiri dari dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Modul pembelajaran diujicobakan pada peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 12 Padang. Praktikalitas modul pembelajaran dilihat dari hasilanalisisangket serta hasil wawancara dengan peserta didik. Sementara efektivitas dilihat dari analisis hasil tes dengan indikator pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis soal pemecahan masalah matematis memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul pembelajaran dengan persentase validitas yaitu 88,88berdasarkanpenilaian validator dengankriteria sangatvalid pada aspek isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Modul pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilaikepraktisannya yaitu 90,65 pada tahap one-to-one evaluation dan 89,73 pada tahap small group evaluation. Kepraktisan modul pembelajaran sudah memenuhi aspek-aspek praktikalitas, yaitu aspek kemudahan dalam menggunakan, aspek efisiensi waktu, aspek daya tarik, dan aspek kemudahan untuk dipahami. Sementara itu, perolehan nilai N-Gain pada tahap small group evaluation yaitu 0,77 dengan kriteria tinggi sehingga tingkat efektif produk sudah tinggi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan modul pembelajaran trigonometri berbasis soal pemecahan masalah yang telah dikembangkan dikategorikan sangat valid, sangat praktis, danefektif tingkat tinggi untu kmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:55
Last Modified: 14 Aug 2023 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item View Item