Pengaruh E-Modul Fisika Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Rahmadani, Febbi (2023) Pengaruh E-Modul Fisika Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_FEBBI_RAHMADANI_19033023_5023_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 merupakan era perkembangan dan teknologi yang pesat. Era ini membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk mempersiapkan peserta pembangunan. Berdasarkan tuntutan zaman Pendidikan Nasional dikeluarkan upaya peningkatan kurikulum menjadi Kurikulum 2013 untuk merangsang peserta didik untuk mendidik. Kurikulum 2013 menetapkan standar kompetensi lulusan berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Pemutakhiran proses pembelajaran sangat dibutuhkan, salah satunya dengan menyesuaikan bahan ajar yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan. Dalam proses pembelajaran, komponen utamanya adalah tersedianya bahan ajar yang akan digunakan oleh siswa. Bahan ajar ada yang berbentuk cetak dan non cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh E-Modul Fisika Terintegrasi STEM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan menggunakan desain posttest only. Langkah dalam penelitian ini adalah mengambil dua kelas sampel yang digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa e-modul terintegrasi STEM, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Setelah dilakukan penelitian, ternyata kemampuan berpikir kritis siswa terlihat dari jawaban masing-masing siswa dari kedua kelas sampel memiliki kesamaan rata-rata yang berbeda. Uji statistik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata pada kedua kelas sampel. Setelah dilakukan penelitian ternyata kemampuan berpikir kreatif siswa yang dilihat dari jawaban masing-masing siswa dari kedua kelas sampel memiliki kesamaan rata-rata yang berbeda yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata Dari hasil analisis yang diperoleh yaitu nilai th berada pada daerah resisten H0 sehingga dapat dikatakan H1 diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis statistik data menunjukkan bahwa th>tt adalah 2,764>2,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek pengetahuan yang menggunakan e-modul dan tidak menggunakan e-modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL STEM, GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:44
Last Modified: 14 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45832

Actions (login required)

View Item View Item