Pengaruh E-Modul Fisika Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 2 Lubuk Sikaping

Fitriani, Elsa (2023) Pengaruh E-Modul Fisika Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 2 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_ELSA_FITRIANI_19033021_5024_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum adalah suatu aspek terpenting dalam pendidikan agar tujuan dari pendidikan itu tercapai. Metode dan model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran juga berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model discovery learning dengan pendekatan STEM. Guru belum memiliki akses terhadap referensi pendekatan pembelajaran STEM yang disertai dengan pedoman penggunaan dan perangkat yang dibutuhkan. Kemampuan berpikir kritis siswa pada topik gelombang bunyi dan cahaya masih tergolong rendah yaitu kurang dari 50%. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengubah bahan ajar yang digunakan yaitu dapat menggunakan e modul yang terintegrasi STEM. Langkah dalam penelitian ini yaitu dengan mengambil dua buah kelas sampel yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa e-modul terintegrasi STEM, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Setelah dilakukannya penelitian ternyata kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat dari setiap jawaban siswa dari kedua kelas sampel memiliki kesamaan rata-rata yang berbeda. Uji statistik yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata pada kedua kelas sampel. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, serta kesamaan rata-rata kedua kelas yaitu harga th berada pada daerah penolakan H0 sehingga dapat dikatakan H1 diterima pada taraf nyata 0,05. Hasil analisis statistik data menunjukkan bahwa th>tt yaitu 5,897>2,00 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada pengetahuan dengan menggunakan e-modul dengan tidak menggunakan e-modul pada siswa kelas XI SMAN 2 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestifed, FestifedUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:57
Last Modified: 14 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45828

Actions (login required)

View Item View Item