Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 10 Padang.

Dwi Azka Konita, Tasya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_07_TASYA_DWI_AZKA_KONITA_19035116_4003_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Pemilihan model GDL belum terlaksana dengan maksimal sehingga diperlukan sistem belajar yang menunjang model pembelajaran tersebut. Salah satu solusinya adalah diterapkan LSLC. Kunci pelaksanaan LSLC terdapat pada tahapan see karena melakukan perbaikan secara terus-menerus sehingga proses pembelajaran mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran GIL berbasis LSLC pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar siswa SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment research dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/2023 SMAN 10 Padang di semester genap. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Jenis data adalah data primer yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukan terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari nilai pretest dan posttest. Data berdistribusi normal dan variansnya homogen sehingga dilakukan uji-t di dapatkan hasil 0,001 < 0,05 (5%) sehingga disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan model GIL berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model GIL pada materi hidrolisis garam di SMAN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GUIDED INQUIRY LEARNING, LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY, HASIL BELAJAR, HIDROLISIS GARAM
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:13
Last Modified: 11 Aug 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45824

Actions (login required)

View Item View Item