Analisis Kesalahan Peserta Didik Fase E dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Kesalahan Newman (Studi Kasus SMA Negeri 8 Padang)

Lutfiah, Ulfa (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Fase E dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Kesalahan Newman (Studi Kasus SMA Negeri 8 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ULFA_LUTFIAH_19029171_3598_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran matematika salah satunya dapat dinilai dari keberhasilan peserta didik dalam memahami matematika dan memanfaatkan pemahaman ini untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Soal matematika dapat berbentuk soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan-kesalahan peserta didik Fase E SMA Negeri 8 Padang dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan teori kesalahan Newman. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan indikator kesalahan Newman yang meliputi kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang peserta didik Fase E SMA Negeri 8 Padang. Rincian pengambilan subjek yaitu sembilan subjek berkemampuan matematika tinggi, sembilan subjek berkemampuan matematika sedang, dan sembilan subjek berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian melakukan (a)kesalahan membaca soal berupa kesalahan membaca informasi yang penting pada soal dan tidak menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan soal. Persentase kesalahan membaca soal adalah 7%.; (b) kesalahan memahami soal berupa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanya pada soal atau menuliskan yang diketahui dan ditanya tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal. Persentase kesalahan memahami soal adalah 16%.; (c) kesalahan transformasi berupa menuliskan metode dengan benar tetapi salah tanda operasi atau tidak menuliskan metode yang akan digunakan. Persentase kesalahan transformasi adalah 30%.; (d) kesalahan keterampilan proses berupa salah melakukan perhitungan atau tidak melakukan perhitungan. Persentase kesalahan keterampilan proses adalah 35%.; (e) kesalahan penulisan jawaban akhir berupa tidak menuliskan jawaban, melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, atau tidak menyelesaikan perhitungan sesuai dengan yang diminta soal. Persentase kesalahan penulisan jawaban akhir adalah 11%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK, TEORI KESALAHAN NEWMAN, SOAL CERITA MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:59
Last Modified: 11 Aug 2023 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45823

Actions (login required)

View Item View Item