Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Beringin Kabupaten Deli Serdang

Anggraini, Yuli (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Beringin Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YULI_ANGGRAINI_17029053_4515_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami konsep dalam belajar. Namun pada kenyataannya, dilihat dari penilaian akhir semester matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Beringin yang berada di kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika pesera didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperaif tipe make a match di SMP Negeri 1 Beringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan the one shot case study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Beringin tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal uraian, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis tes hasil belajar matematika yang diberikan diperoleh bahwa peserta didik memperoleh skor di semua indikator, yaitu indikator mengeneralisasikan pola yang terdapat pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek, menentukan suku ke-n dari suatu pola bilangan persegi dan persegi panjang, menentukan suku ke-n dari suatu pola bilangan segitiga dan segitiga pascal, menentukan suku ke-n barisan aritmatika, serta menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika berturut-turut sebesar (59.99, 80.00, 66.66, 80.00, dan 51.66). Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami pola bilangan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH, HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:55
Last Modified: 10 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45811

Actions (login required)

View Item View Item