Pengaruh Model Hyrbrid Learning Berbasis Technologycal Content Knowladge ( TCK) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XIPS di SMA Negeri 6 Padang

Pratama, Wahyu (2022) Pengaruh Model Hyrbrid Learning Berbasis Technologycal Content Knowladge ( TCK) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XIPS di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WAHYU_PRATAMA_18045129_6094_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan edaran surat keputusan bersama 4 Menteri Nomor 03/KB/2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran dimasa Covid-19. Dengan adanya kebijakan ini memungkinkan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara hybrid, baik dengan melaksanakan aktivitas pembelajaran secara tatap muka dengan memanfaatkan teknologi dalam setiap prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Hybrid Leaming terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan jenis penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPS dengan menggunakan teknik Purposive sampling, sampel penelitiannya adalah kelas XIPS dan XIPS3 SMA Negeri 6 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi untuk kondisi awal, dan teknik tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan ujiregresi linier sederhana. Temuan pada penelitian initer dapat perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini memperoleh pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran hybrid learning berbasis TCK yang memberikan kontribusi sebesar 33,4% terhadap peningkatan hasil belajar siswa,sedangkan padakelas kontrol yang masih menggunakan model konvensional hanya memberikan kontribusi sebesar21,7 terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:48
Last Modified: 09 Aug 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45804

Actions (login required)

View Item View Item