Ilmplementasi Penilaian Autentik Aspek Sikap pada Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sungai Puar

Nasri, Nadia (2022) Ilmplementasi Penilaian Autentik Aspek Sikap pada Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sungai Puar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADIA_NASRI_18045018_6680_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang untuk mengetahui lebih jauh Implementasi Penilaian Autentik Aspek SikapPada Pelajaran Geografi. Kurikulum 2013 menempatkan sikap spiritual dan sikap sosial pada urutan pertama dan kedua, hal ini dimaknai bahwa kurikulum 2013 sangat memberikan penekanan pada pengembangan karakter dan kepribadian siswa. Selain itu pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial harus mendasari pengembangan pengetahuan dan keterampilan diSMA Negeri 1 Sungai Puar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif..Sedangkan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Dengan menggunakan teknik purporsional random sampling, dengan Skala likert. Altenatif jawabannya adalah Selalu (4), Sering (3), Jarang (2), Tidak Pemah (1). Dalam menganalisis data peneliti yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif. Teknik analisis statistik-deskriptif merupakan teknik analisis dengan menggunakan perhitungan angka-angka. Terhadap variabel yang dapat diukur. Berdasarkan hasil penelitianTingkat implementasi penilaian autentik aspek sikap pada pelajaran geografi pada SMA Negeri 1Sungai Puar pada aspek pelaksanaan yaitu secara keseluruhan masuk kedalam kategori cukup baik dengan perolehan persentase sebesar 29% baik, 67% cukup baik,dan 4% kurang baik. Kemudian didukung dengan hasil penelitian penilaian sikap terhadap 48 siswa kelas 10 IPS di SMANegeri1Sungai Puar didapatkan hasil bahwa penilaian sikap sosial dengan rata- rata2,86 dengan tingkat capaian responden 71.43 kategori Cukup Baik di dominasi indikator sikap jujur, disiplin, santun, peduli, bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif. Dan penilaian sikap spiritual dengan rata-rata3.36 dengan tingkat capaian responden 84.03 kategori Baik indikator sikap spiritual menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan Kendala guru dalam implementasi penilaian autentik aspek sikap yaitu penentuan dan pembatasan penilaian sikap, pengamatan terhadap siswa yang kurang sehingga guru juga belum sepenuhnya melaksanakan penilaian aspek sikap, perecanaan diawal tidak sesuai dengan kejadian dilapangan ditambah dengan aspek kognitif yang lebih dominan dan waktu yang terbatas, serta kurangnya pelatihan dan penerapan penilaian autentik terutama pada aspek sikap dan Upayan yang dilakukan guru geografi adalah guru bekerjasama pada saat mgmp dengan guru geografi lainnya dan lebih banyak lagi pelatihan mengenai penilaian autentik aspek sikap dan bisa membagi waktu untuk penilaian aspek sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorkhairani, khairaniUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:13
Last Modified: 09 Aug 2023 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45801

Actions (login required)

View Item View Item