Pengaruh konsentrasi Ekstrak Alkohol Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi l.) terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Secara In Vitro

Efliani, Efliani (2023) Pengaruh konsentrasi Ekstrak Alkohol Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi l.) terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_EFLIANI_18032109_3225_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Staphylococcus aureus merupakan bakteri patogen yang banyak menyebabkan permasalahan dalam bidang kesehatan. Infeksi yang disebabkan S. aureus dapat diobati dengan antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan resistensi jangka panjang pada bakteri patogen. Perlu eksplorasi tanaman herbal untuk mendapatkan sumber senjata antibakteri baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak alkohol daun belimbing wuluh terhadap pertumbuhan bakteri S. aureus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui konsentrasi terbaik ekstrak daun belimbing wuluh dalam menghambat pertumbuhan S. aureus. konsentrasi ekstrak yang diujikan pada penelitian ini adalah konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40% dan 50%. Pengujian konsentrasi ekstrak dilakukan dengan metode difusi cakram untuk mengetahui zona hambat yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukan konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh berpengaruh terhadap kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus. Berdasarkan kategori kemampuan daya hambat, konsentrasi 20% adalah konsentrasi terbaik dalam menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STAPHYLOCOCCUS AUREUS, ANTIMIKROBA, BELIMBING WULUH
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:37
Last Modified: 08 Aug 2023 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45798

Actions (login required)

View Item View Item