Pengaruh Metode Berlatih dan Metode Bermain Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Himawan, Rendra (2023) Pengaruh Metode Berlatih dan Metode Bermain Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Rendra_Himawan_17087181_3043_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dribbling pemain peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode berlatih dan metode bermain terhadap kemampuan dribbling pemain peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang pemain. Teknik pengambilan data kemampuan dribbling dites dengan mengiring bola melewati patok. Data di analisis dengan uji statistik beda rerata hitung (t-test) pada taraf signifikansi  = 0.05 Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : 1) Metode berlatih memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dribbling pemain peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata (mean) pada tes awal sebelum diberi perlakuan metode berlatih yaitu sebesar 13,61 dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 11,46 artinya ada penurunan waktu sebesar 2,15 detik, 2) Metode bermain memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dribbling pemain peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata (mean) pada tes awal sebelum diberi perlakuan latihan metode bermain yaitu sebesar 13,42 dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 13,17, artinya ada penurunan sebesar 0,25, 3) Metode berlatih lebih efektif dari pada metode bermain terhadap peningkatan kemampuan dribbling pemain peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Hal ini dibuktikan dengan penurunan rata-rata tes awal latihan metode berlatih 13,61 menurun menjadi 11,46 (menurun sebesar 2,15 detik), sedangkan pada metode bermain adalah 13,42 menurun menjadi 13.17 (menurut sebesar 0,25 detik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPadli, PadliUNSPECIFIED
CorrectorFardi, AdnanUNSPECIFIED
CorrectorArifan, IkhwanulUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:26
Last Modified: 08 Aug 2023 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45793

Actions (login required)

View Item View Item