Asara, Dori (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMP N 2 Kecamatan Bukik Barisan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Text
B_09_DORI_ASARA_19231015_4320_2023.pdf Download (0B) |
Abstract
Pendidikan merupakan modal utama pelaksanaan pembangunan karena pendidikan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia dapat diukur salah satunya dari hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif menggambarkan sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil belajar peserta didik kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik tidak memenuhi KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 75. Pembelajaran IPA hendaknya diajarkan melalui model yang menekankan pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah adalah model problem solving. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Kelas pertama adalah kelas kontrol, yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Kelas kontrol ini hanya sebagai pembanding hasil belajar peserta didik nantinya. Kelas kedua adalah kelas eksperimen, yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran problem solving. Penentuan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelas sampel, maka diberikan soal posttest dan dilakukan uji statistik. Dari uji statistik diperoleh informasi bahwa data berdistribusi normal dan homogen sehingga uji hipotesis yang dipakai adalah uji parametrik menggunakan uji t. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (7.47 ≥ 2.01). Dari hasil tersebut maka diperoleh informasi bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa 1). Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, 2). Model pembelajaran problem solving dapat dijadikan sebagai solusi dari model pembelajaran pada materi IPA. Kata
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM SOLVING, HASIL BELAJAR KOGNITIF, SISTEM PERNAPASAN, SISTEM EKSKRESI | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45790 |
Actions (login required)
View Item |