Wulandari, Dwi Vina
(2022)
Pelaksanaan Pembelajaran Geografi dengan Sistem Blended Learning di SMA Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran geografi secara daring dan luring dengan menggunakan sistem Blended Learning diSMA Kota Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dan sampel dari penelitian ini yaitu siswa dan guru geografi diSMA Kota Padang.Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampelsebanyak 70 orang siswa dan 4 orang guru di SMA Kota Padang. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert.Analisis datanya menggunakan formula persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring yaitu terlaksana dengan sangat baik dengan presentase sebesar 82%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran secara luring yaitu terlaksana dengan sangat baik, dengan persentase sebesar 85%.Hambatan/kendala ketika pelaksanaan pembelajaran secara daring di SMA Kota Padang yakni ; jaringan internet yang bermasalah ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, kurangnya ketersediaan paket internet oleh siswa, belum semua siswa yang memiliki HP android,kecanggihan HP yang dimiliki siswa dan guru,serta kemampuan siswa dan guru dalam memanfaatkan IT. Sedangkan hambatan/kendala yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran secara luring di SMA Kota Padang yakni; jika guru berhalangan hadir untuk datang kesekolah, maka akan menghambat proses belajar mengajar.Seperti materi yang seharusnya selesai dihari itu juga tetapi menjadi tertunda. Penelitian inipenting dilakukan karena berguna sebagai bahan evaluasi untuk sekolah maupun guru geografi di SMA Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |