Pengaruh Perencanaan Bisnis terhadap Keuntungan Usaha Make Up Artist (MUA) Alumni Jurusan Tata Rias dan Kecantikan di Kota Padang

Valentiana, Kinta (2023) Pengaruh Perencanaan Bisnis terhadap Keuntungan Usaha Make Up Artist (MUA) Alumni Jurusan Tata Rias dan Kecantikan di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_KINTA_VALENTIANA_18078011_1053_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan fakta bahwa MUA alumni tata rias dan kecantikan yang belum memiliki perencanaan bisnis sehingga penghasilan yang dicapai belum sesuai dengan keputusan kemendikbud yang menyatakan bahwa wirausaha mempunyai berpenghasilan 1,2 kali lipat UMR. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perencanaan bisnis yang dijalankan dan keuntungan usaha MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan serta untuk melihat pengaruh perencanaan bisnis terhadap keuntungan usaha MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan angkatan 2013 hingga angkatan 2017 sebanyak 55 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 55 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji instrument, analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan melalui analisis deskriptif data dimana tingkat pencapaian responden untuk perencanaan bisnis yang dijalankan oleh MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan di Kota Padang diperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat tinggi. Tingkat pencapaian responden untuk keuntungan usaha yang dijalankan oleh MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan di Kota Padang diperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan kategori tinggi, serta perencanaan bisnis berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha MUA alumni jurusan tata rias dan kecantikan di Kota Padang. Hal ini dibuktikan melalui signifikansi < 0,05. Disarankan hasil penelitian dapat dijadikan acuan perencanaan bisnis bagi wirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:11
Last Modified: 08 Aug 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45768

Actions (login required)

View Item View Item