Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Padang

Illahi, Beta Kurnia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_BETA_KURNIA_ILLAHI_19033085_3583_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru (teacher centered) dan belum menggunakan bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dan berpusat pada siswa (student centered) adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan harus mempunyai media dan bahan ajar yang mendukung. Bahan ajar yang praktis dan operasional dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah LKPD saintifik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA MAN 1 Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Variabel bebas adalah LKPD saintifik dan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis yang diambil melalui instrumen soal-soal berpikir kritis dalam bentuk esai. Untuk melihat keberartian perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan statistik uji t, dan analisis korelasi product moment pearson untuk mengetahui besar pengaruh kemampuan siswa menggunakan LKPD saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 Kota Padang. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,00 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 74,45 dengan x ̅e>x ̅k . Selanjutnya dilakukan uji t dengan Hasil uji thitung sebesar 3,47 dengan ttabel 1,99 menunjukkan thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, artinya Hi diterima yaitu, terdapat pengaruh yang berarti LKPD Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang. Untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan LKPD saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang dilakukan analisis korelasi product moment pearson yang menunjukkan 20,64%. Dapat disimpulkan, LKPD saintifik memberikan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang sebesar 20,64% dan sisanya 79,35% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisoryurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:58
Last Modified: 08 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45758

Actions (login required)

View Item View Item