Pengaruh Latihan Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada 50 meter (Studi Eksperimen Atlet Prestasi Bhayangkara Swimming Club

Muchlisin, Reynaldi Aditia (2023) Pengaruh Latihan Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada 50 meter (Studi Eksperimen Atlet Prestasi Bhayangkara Swimming Club. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_REYNALDI_ADITIA_MUCHLISIN_17087304_304_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet Bhayangkara Swimming Club. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan daya tahan kekuatan otot lengan dan otot tungkai terhadap kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet prestasi Bhayangkara Swimming Club Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang atlet. Instrumen dan teknik pengambilan data kecepatan renang gaya dada 50 meter dengan tes renang gaya dada 50 meter. Data di analisis dengan uji statistik beda rerata hitung (t-test) pada taraf signifikansi  = 0.05 Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : 1) Latihan daya tahan kekuatan otot lengan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet prestasi Bhayangkara Swimming Club. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata 0,71 detik serta dibuktikan dengan nilai thitung (23,826) > ttabel (2.776). 2) Latihan daya tahan kekuatan otot tungkai memberikan pengaruh terhadap peningkatan kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet prestasi Bhayangkara Swimming Club. Hal ini dibutikan dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 0,27 detik serta dibuktikan dengan nilai thitung (14,063) > ttabel (2.776), 3) Latihan dayatahan kekuatan otot lengan lebih efektif dari pada Latihan daya tahan kekuatan otot tungkai terhadap peningkatan kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet prestasi Bhayangkara Swimming Club. Hal ini dibuktikan dengan berbedaan niai rata-rata sebesar 0,61 detik serta dibuktikan dengan nilai thitung (2,867) > ttabel (2.776)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrawadi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorYudi, Alex AldhaUNSPECIFIED
CorrectorDenai, NaluryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LATIHAN DAYATAHAN KEKUATAN OTOT LENGAN
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:42
Last Modified: 08 Aug 2023 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45747

Actions (login required)

View Item View Item