Pengembangan E-Modul Struktur Atom-Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta didik Fase E SMA/MA

Sari, Ayu Permata (2023) Pengembangan E-Modul Struktur Atom-Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta didik Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_AYU_PERMATA_SARI_18035124_4139_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Struktur atom-keunggulan nanoteknologi merupakan materi yang dipelajari oleh peserta didik fase E SMA/MA pada kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil observasi melalui penyebaran angket diperoleh 68,3% peserta didik menganggap materi ini cukup sulit dipahami. Buku sumber yang kurang lengkap dan langsung membahas nanoteknologi menjadi salah satu kendala. Dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu pembelajaran, salah satunya adalah e-modul. E-modul dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Pemahaman aplikasi karakteristik materi yang bersifat abstrak sesuai tuntutan kurikulum merdeka dapat dibantu dengan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Pembelajaran ini menyajikan masalah dalam kehidupan nyata yang dapat membantu peserta didik menggunakan pemahaman konsep yang telah dimilikinya untuk menemukan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul struktur atom- keunggulan nanoteknologi sesuai kurikulum merdeka untuk peserta didik fase E SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMA, dan peserta didik fase E SMA. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar angket untuk peserta didik, wawancara terhadap guru sebagai data observasi serta lembar validitas dan praktikalitas. Data hasil validasi diolah menggunakan formula Aiken’s V yang menunjukkan e-modul valid dengan nilai V= 0,83. Uji praktikalitas ditentukan dengan presentase, didapatkan nilai praktikalitas untuk guru sebesar 92% dan peserta didik sebesar 85% dalam small groups mengindikasikan bahwa e-modul yang dihasilkan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorRahadian, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, KURIKULUM MERDEKA, PROBLEM BASED LEARNING, SISTEM PERIODIK UNSUR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:04
Last Modified: 07 Aug 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45715

Actions (login required)

View Item View Item