Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Geogebra Classroom pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik

Fahmi, Ayu Nadia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Geogebra Classroom pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_AYU_NADIA_FAHMI_17029086_4590_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang penting untuk dimiliki peserta didik adalah kemampuan representasi matematis. Namun pada kenyataannya kemampuan representasi matematis tersebut belum optimal dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan terlihat bahwa bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik belum efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan matematisnya terutama kemampuan representasi matematis. Untuk itu diperlukannya suatu bahan ajar yang dapat mengatasi permasalahan di atas. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan GeoGebra Classroom. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Pada model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, prototyphing phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik dan analisis konsep untuk mengetahui gambaran dari LKPD yang akan dirancang. Selanjutnya memasuki tahap prototyping phase, pada tahap ini LKPD yang telah dirancang akan dievaluasi secara formatif yang terdiri self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation untuk melihat kevalidan dan kepraktisan dari LKPD yang dirancang. Tahap selanjutnya yaitu asessment phase, pada tahap ini akan diuji efektifan dari LKPD yang dirancang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa LKPD menggunakan GeoGebra Classroom yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid dilihat dari aspek penyajian, isi, bahasa, kegrafikan, dan GeoGebra. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh yaitu 91,25% dengan kategori sangat valid. Praktis dinilai dari aspek kemudahan penggunaan, penyajian, waktu dan kemanfaatan. Rata-rata nilai praktikalitas yang diperoleh yaitu 91,22% dengan kriteria sangat praktis. Untuk efektifitas dilihat dari rata-rata hasil post-test yang berada pada kategori efektif dengan nilai 73,61, sehingga dapat dikatakan LKPD memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEOGEBRA CLASSROOM, KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:03
Last Modified: 07 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45713

Actions (login required)

View Item View Item