Analisis Risiko Investasi dengan Menggunakan Value at Risk Ekspansi Cornish-Fisher pada Saham PT. Astra International TBK (ASII)

Ughti, Aulia (2023) Analisis Risiko Investasi dengan Menggunakan Value at Risk Ekspansi Cornish-Fisher pada Saham PT. Astra International TBK (ASII). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_10_AULIA_UGHTI_19037015_3613_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan investasi mulai digemari dalam 5 tahun terakhir dengan ditandai persentase jumlah investor yang terus meningkat. Namun, pada akhir tahun 2019 dunia digemparkan oleh penyakit covid-19 yang hampir menyerang sebagian besar masyarakat dunia. Hal ini berdampak pada pergerakan harga saham di pasar modal. Risiko merupakan salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh para investor untuk berinvestasi. Dalam hal ini, risiko dapat diminimalisir dengan portofolio. Pembentukan portofolio optimal menggunakan Ekspansi Cornish-Fisher dilakukan untuk mendapatkan return tertentu dengan tingkat risiko terkecil serta mengetahui proporsi dana pada masing-masing saham yang termasuk ke dalam portofolio optimal. Data kemudian disimulasikan dengan pengukuran VaR dengan pendekatan Cornish-Fisher. Pengukuran VaR dengan Cornish-Fisher menggunakan data return penutupan harga saham PT Astra International Tbk (ASII). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian adalah data sekunder yaitu data harga penutupan saham (closing price) PT Astra International Tbk (ASII) periode 4 Juli 2017 - 1 Juli 2022 berjumlah 1201 datayang diperoleh dari homepage yahoo finance. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan karakteristik data return harga penutupan saham PT. Astra International Tbk (ASII) tidak berdistribusi normal. Melalui perhitungan dengan menggunakan metode Ekspansi Cornish-Fisher jika seorang investor berinvestasi dengan nilai Rp.1.000.000 pada tingkat kepercayaan 95% risiko yang akan ditanggung investor selama 1 hari kedepan adalah Rp.10.704,25, 3 hari kedepan Rp. 18.540,3, dan 7 hari kedepan sebesar Rp. 28.320,78.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSPANSI CORNISH-FISHER, RISIKO INVESTASI, VALUE AT RISK
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:03
Last Modified: 07 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45711

Actions (login required)

View Item View Item