Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompatan Smash pada Pembinaan Ekstrakurikuler Bolavoli di SMKN 1 Solok Selatan

Reski, Rezi (2023) Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompatan Smash pada Pembinaan Ekstrakurikuler Bolavoli di SMKN 1 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Rezi_Reski_18087133_2925_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Plyometric merupakan salah satu metode latihan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan lompatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan plyometric terhadap peningkatan kemampuan lompatan smash pada pembinaan ekstrakurikuler bolavoli di SMK N 1 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah pemain bolavoli di SMK N 1 Solok Selatan berjumlah 24 pemain. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 13 pemain. Teknik analisis data menggunakan uji t. Penelitian ini dilakukan 16 kali pertemuan. Latihan yang diberikan dalam bentuk materi plyometric. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan dari materi latihan plyometric terhadap kemampuan lompatan smash. Hasil analisis yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada materi latihan plyometric terhadap peningkatan kemampuan lompatan smash pada pembinaan ekstrakurikuler bolavoli di SMK N 1 Solok Selatan, diperoleh nilai t hitung (4,145) > t tabel (1,796). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa materi latihan plyometric dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan lompatan smash pada pembinaan ekstrakurikuler bolavoli di SMK N 1 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrun, MasrunUNSPECIFIED
CorrectorUmar, UmarUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, Yogi SetiawanUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:01
Last Modified: 07 Aug 2023 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45703

Actions (login required)

View Item View Item