Bentuk Penyajian Gordang Sambilan pada Upacara Pernikahan di Kelurahan Sibanggor Julu Kecamatan Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Niari, Rinda (2023) Bentuk Penyajian Gordang Sambilan pada Upacara Pernikahan di Kelurahan Sibanggor Julu Kecamatan Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RINDA_NIARI_18023088_2269_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Gordang Sambilan pada Upacara Pernikahan di Kelurahan Sibanggor Julu Kecamatan Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakn metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa alat tulis dan kamera handphone. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian Gordang Sambilan yang dipertunjukkan dalam acara pernikahan di kelurahan Sibanggor Julu terdiri daru unsur-unsur yang mendukung pertunjukan Gordang Sambilan tersebut. 1) pemain atau seniman, 2) lagu yang dimainkan. 3) alat musik, 4) kostum tata rias, 5) waktu pertunjukan, 6) tempat pertunjukan, 7) penonton. Ketujuh unsur dalam pertunjukan Gordang Sambilan adalah berbentuk satu kesatuan yang saling berhubungan atau berkaitan. Maka, bentuk penyajian Gordang Sambilan dalam upacara pernikahan adalah sebuah seni pertunjukan musik tradisional berbentuk ensambel sejenis yang menyajikan repertoar tradisional yang terdapat pada masyarakat Sibanggor Julu yang disajikan di halaman rumah saat upacara pernikahan berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:59
Last Modified: 07 Aug 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45700

Actions (login required)

View Item View Item