Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI-F SMAN 1 Tilatang Kamang

Zumelda, Annisa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI-F SMAN 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ANNISA_ZUMELDA_19029008_4140_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika pada dasarnya merupakan tujuan utama proses pembelajaran. Namun kenyataannya Hasil belajar matematika peserta didik kelas XI-F SMAN 1 Tilatang Kamang masih rendah, hal ini di sebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak membuat peserta didik dekat dengan matematika dan belum mengetahui manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada Hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas XI-F SMAN 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent Postest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas XI-F SMAN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampeldiambil dengan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI-F1sebagai kelas eksperimen dan XI-F3 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir Hasil belajar matematisberbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, UjiHomogenitas dan Uji t. Berdasarkan rata-rata hasil belajar pada tes akhir menunjukkan rata-ratakelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 76,4untuk kelas eksperimendan 67,7 untuk kelas kontrol serta berdasarkan uji hipotesis menggunkan uji –tdiperoleh P-value < α yaitu 0,044 artinya hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran PBLlebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, sehingga terdapat pengaruh dari penerapan modelpembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika peserta didik, sehingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING,HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:16
Last Modified: 07 Aug 2023 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45694

Actions (login required)

View Item View Item