Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XII MIA SMAN 1 Koto Salak Dharmasraya

Nanda, Alwis Fitri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XII MIA SMAN 1 Koto Salak Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_ALWIS_FITRI_NANDA_18029125_4620_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan tujuan utama yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Tetapi, kenyataannya pemahaman konsep matematika yang dimiliki oleh peserta didik kelas XII MIA SMAN 1 Koto Salak Dharmasraya masih tergolong rendah. Hal ini diketahui berdasarkan hasil Penilaian Harian peserta didik yang belum mampu menerapkan konsep yang dipelajari secara logis sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika. Upaya yang dapat dilakukan untuk itu yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung, serta mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematika peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada peserta didik kelas XII MIA SMAN 1 Koto Salak Dharmasraya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA SMAN 1 Koto Salak Dharmasraya, dengan kelas XII MIA 1 dan XII MIA 2 sebagai kelas sampel. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuis dan tes pemahaman konsep matematika dengan bentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh P-value = 0,003. Karena P value < maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik daripadan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terjadi peningkatan rata-rata skor kuis peserta didik pada tiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorMima, MimaUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, TWO STAY TWO STRAY, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:54
Last Modified: 07 Aug 2023 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45662

Actions (login required)

View Item View Item