Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Putri, Nabila Eka (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_NABILA_EKA_PUTRI_19037047_7055_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jumlah penduduk miskin merupakan salah satu masalah dalam perekonomian yang kompleks dan multidimensional. Oleh karena itu perlu dicari solusi untuk mengatasi atau paling tidak mengurangi jumlah penduduk miskin. Permasalahan pandemi covid pada saat ini juga memperparah peningkatan jumlah penduduk miskin baik secara global maupun di Indonesia khususnya juga di Provinsi Sumatera Barat. Pada dasarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi jumlah penduduk miskin. Oleh karena itu, dilakukan kajian lebih dalam untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2021. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Barat menggunakan analisis regresi data panel, serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2021 menggunakan analisis regresi data panel. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil publikasi lembaga resmi pemerintah yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 95 data yang diambil dari tahun 2017-2021. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variable terikat (Y) yaitu jumlah penduduk miskin dan variable bebas (X) yaitu jumlah penduduk (X_1), tingkat pengangguran terbuka (X_2), rata-rata lama sekolah (X_3), dan pertumbuhan ekonomi (X_4). Berdasarkan hasil analisisi yang telah dilakukan, model yang cocok pada penelitian ini adalah Fixed Effect Model. Dimana dari hasil penelitian didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2021 adalah tingkat pengangguran terbuka dan pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:25
Last Modified: 04 Aug 2023 09:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45661

Actions (login required)

View Item View Item