Pemodelan Multivariate Adptive Regression Spline terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Pulau Sulawesi

Salami, Miftahul (2022) Pemodelan Multivariate Adptive Regression Spline terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Pulau Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Miftahul_Salami_19037044_5691_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Stabilitas ekonomi merupakan dasar tercapainya peningkatan kesejahteraan rakyat. Salah satu permasalahan yang perlu ditangani dalam kestabilan ekonomi yaitu kemiskinan. Terdapat beberapa pulau di Indonesia yang memiliki angka persentase penduduk miskin diatas persentase penduduk miskin nasional, salah satunya Pulau Sulawesi. Penanggulangan kemiskinan di Pulau Sulawesi masih belum maksimal, hal ini dikarenakan masih tingginya angka persentase penduduk miskin di Pulau Sulawesi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingginya tingkat persentase kemiskinan di Pulau Sulawesi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dengan menggunakan analisis Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS). MARS merupakan salah satu metode yang mampu menangani data berdimensi tinggi dengan pola data yang tidak diketahui sebelumnya, serta dapat diterapkan untuk melihat interaksi di antara variabel yang digunakan. Variabel dalam penelitian ini ada 6 yaitu pendapatan per kapita (X1), rata-rata lama sekolah (X2), angka harapan hidup (X3), angka melek huruf (X4), tingkat pengangguran terbuka (X5), tingkat partisipasi angkatan kerja (X6). Objek dalam penelitian ini adalah 6 provinsi yang ada di Pulau Sulawesi. Hasil dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan analisis MARS diperoleh informasi bahwa, model MARS terbaik dengan kombinasi BF=12, MI=3, MO=1 dengan GCV sebesar 9,391 dengan persamaan Y=14.9052+0.371437*BF6+1.72495*BF10- 0.00007*BF12 . Adapun variabel yang berpengaruh terhadap kemiskinan di Pulau Sulawesi yaitu angka harapan hidup, pendapatan per kapita, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan tingkat pengangguran terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDZilrahmi, ZilrahmiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDVionanda, DodiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFitri, FadhilahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:53
Last Modified: 07 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45660

Actions (login required)

View Item View Item