Penerapan SMOTE pada Metode CART untuk Mengatasi Imbalanced Data dalam Pengklasifikasian Status Kerja pada Angkatan Kerja di Kota Padang

Yulianti, Andini (2022) Penerapan SMOTE pada Metode CART untuk Mengatasi Imbalanced Data dalam Pengklasifikasian Status Kerja pada Angkatan Kerja di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_ANDINI_YULIANTI_18337010_ 5870_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan masalah kompleks yang dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia. Tingginya angka pengangguran di Indonesia berdampak pada kemiskinan sehingga pemerintah berupaya untuk melakukan pembangunan ekonomi. Kota Padang merupakan kota yang memiliki tingkat pengangguran tertinggi di Sumatera Barat dari tahun 2013 sampai 2021. Pengembangan kota smart dan pengidentifikasian faktor yang mempengaruhi pengangguran merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pengangguran. Penelitian ini menggunakan metode CART untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah angkatan kerja di kota Padang. Keuntungan metode CART adalah mudah untuk diinterpretasikan hasil analisisnya, namun keakuratan pohon klasifikasi rendah karena ketidakseimbangan data. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode SMOTE untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan SMOTE dapat meningkatkan akurasi metode CART yang diterapkan pada data tidak seimbang yaitu sebesar sebesar 43,1%. Pohon klasifikasi optimal terbentuk dari 8 simpul terminal dan melibatkan 4 peubah penjelas yang terdiri dari status perkawinan, tingkat pendidikan, jenis kelamin dan usia, 5 simpul terminal yang mengklasifikasikan angkatan kerja berkategori bekerja dan 3 simpul terminal yang mengklasifikasikan angkatan kerja berkategori pengangguran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorVionanda, DodiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:50
Last Modified: 07 Aug 2023 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45652

Actions (login required)

View Item View Item