Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Materi Sistem Respirasi dan Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas Xi SMA

Risdiyanto, Tika Apriani (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Materi Sistem Respirasi dan Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas Xi SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7.01_TIKA_APRIANI_RISDIYANTO_20177014_6156_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 merangkum keterampilan berpikir peserta didik dalam empat kompetensi yaitu keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi, dan komunikasi yang baik. Berdasarkan analisis masalah, guru biologi menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif di sekolah masih belum maksimal. Bahan ajar di sekolah sebaiknya dapat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia interaktif berbantuan virtual laboratory materi sistem respirasi dan ekskresi pada manusia yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas XI yang valid, praktis, dan efektif Jenis penelitian ini penelitian pengembangan dengan model Plomp. Metode yang dilakukan meliputi pleminary research, prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMAN 1 Sitiung tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian ialah multimedia interaktif berbantuan virtual laboratory materi sistem respirasi dan ekskresi pada manusia. Instrumen pada penelitian ini adalah angket validitas dan praktikalitas serta soal efektivitas. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan ANOVA dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif berbantuan virtual laboratory memperoleh kriteria sangat valid menurut expert review dengan nilai 81,26%. Praktikalitas guru sangat praktis dengan nilai 96,66% dan kriteria respon peserta didik sangat praktis dengan nilai 95,71%. Uji efektifitas Multimedia interaktif berbantuan virtual laboratory ini efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Multimedia interaktif berbantuan virtual laboratory materi sistem respirasi dan ekskresi pada manusia yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:44
Last Modified: 07 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45641

Actions (login required)

View Item View Item