engaruh Modifikasi Permainan Lari Estafet terhadap Kemampuan Motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Umur 5-12 Tahun di SDLB Amal Mulia Kota Bengkulu

Saputra, Ikhsan (2022) engaruh Modifikasi Permainan Lari Estafet terhadap Kemampuan Motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Umur 5-12 Tahun di SDLB Amal Mulia Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_IKHSAN_SAPUTRA_17089099_2299.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permaianan lari estafet terhadap kemampuan motorik anak tunagrahita ringan. Hal ini di karenakan motorik kasar mempunyai peran yang sangat penting bagi anak di lihat bahwa minimnya modifikasi permainan olahraga di sana menyebabkan anak belum mendapatkan pembelajaran khusus yang dapat merangsang kemampuan gerak dasar lokomotor pada motoriknya. Penelitian ini mengunakan Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel penelitian berjumlah 8 orang menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data adalah tes gerak dasar lokomotor Instrumen penelitian adalah Performance Test Yaitu dengan cara berpindah tempat melalui jalur tali atau rintangan. Teknik analisis data adalah teknik analisis kuantitatif. Data hasil penelitian berupa angka-angka. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketegori berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 3 anak, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 3 anak, kategori mulai berkembang (MB) berjumlah 2 anak, kategori belum berkembang (BM) berjumlah 0 anak. Uji hipotesis pre-test dan post-test di dapatkan kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya “Terdapat pengaruh yang signifikan bentuk Modifikasi Permainan Lari Estafet terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Usia Dini”di SDLB Amal Mulia Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
CorrectorLiza, LizaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lari Estafet Kemampuan Motorik Anak Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:42
Last Modified: 07 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45637

Actions (login required)

View Item View Item