Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Mersi Bukittinggi

Kurnia, Rahma (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Mersi Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RAHMA_KURNIA_18135133_7115_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan penulis terhadap flatform online yang dimiliki oleh Hotel Mersi Bukittinggi, yaitu adanya komentar positif dan negatif mengenai Hotel Mersi Bukittinggi yang dituliskan oleh tamu pada online travel agent, adanya informasi mengenai hotel dan review oleh tamu yang telah menginap di Hotel Mersi Bukittinggi serta tidak tercapainya target penjualan kamar perbulannya dan tidak stabilnya tingkat hunian kamar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Mersi Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 193 orang diambil menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Data penelitian ini menggunakan data primer untuk variabel Electronic Word of Mouth dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan komunikasi secara tidak langsung melalui kuisioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Electronic Word of Mouth berada pada kategori baik (72,2%) (2) Keputusan Pembelian Jasa Kamar berada pada kategori baik (72,3%) (3) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Mersi Bukittinggi sebesar 29,1% sedangkan 70,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji regresi linear sederhana dipengaruhi oleh nilai F 79,635 dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Electronic Word of Mouth dengan Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Mersi Bukittinggi dan diperoleh koefisien regresi 0,663 dengan sig 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan Electronic Word of Mouth akan meningkatkan 0,663 satuan Keputusan Pembelian Jasa Kamar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:39
Last Modified: 07 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45621

Actions (login required)

View Item View Item