Tinjauan Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Safari Lagoi Kepulauan Riau

Kartini, Mita Aprilia (2022) Tinjauan Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Safari Lagoi Kepulauan Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MITA_APRILIA_KARTINI_18135122_4446_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan pengunjung mengenai fasilitas yang masih kurang lengkap dan kurang memadai, kebersihan daya tarik wisata masih kurang baik, serta adanya penurunan jumlah kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pengunjung di daya tarik wisata Safari Lagoi yang ditinjau dari indikator: kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data kuantitatif menggunakan metode survey. Penelitian dilakukan di daya tarik wisata Safari Lagoi Bintan Kepulauan Riau. Populasi dalam penelitian ini diambil dari jumlah kunjungan ke daya tarik wisata Safari Lagoi periode November 2021-April 2022, yaitu sebanyak 9.297 pengunjung. Teknik random sampling dipilih untuk menentukan sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 318 orang. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, dan menyebarkan kuisioner tersusun dengan skala likert yang disebarkan melalui QR code kepada pengunjung di daya tarik wisata Safari Lagoi Lagoi Bintan. Data kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 28.00, yang hasilnya berupa tabulasi data, deskripsi data, dan tingkat capaian responden (TCR). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepuasan tentang fasilitas pada indikator kesesuaian harapan dikategorikan puas untuk pengunjung nusantara dan pengunjung mancanegara, dengan skor 4,13 dan 4,08; 2) tingkat kepuasan pada indikator minat berkunjung kembali dikategorikan puas untuk pengunjung nusantara dan pengunjung mancanegara dengan skor 4,15, dan 3,96; 3) tingkat kepuasan pada indikator kesediaan merekomendasikan berada pada kategori sangat puas untuk pengunjung nusantara, yaitu dengan skor 4,23 dan kategori puas untuk pengunjung mancanegara dengan skor 4,16.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorPasaribu, PasaribuUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:39
Last Modified: 07 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45618

Actions (login required)

View Item View Item