Hubungan Kemampuan Motorik Dengan Kebugaran Jasmani Anak Tunagrahita Di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kalumbuk Kota Padang

Al-Geri, Dio Maikel (2022) Hubungan Kemampuan Motorik Dengan Kebugaran Jasmani Anak Tunagrahita Di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kalumbuk Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DIO_MAIKEL_AL-GERI_15089138_1835.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik dan kebugaran jasmani anak tunagrahita Di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kalumbuk Kota Padang masih sangat rendah, sehingga anak tunagrahita yang memiliki kemampuan motorik yang kurang baik, sehingga juga berdampak pada kebugaran jasmani anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan motorik dengan kebugaran jasmani anak tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kalumbuk Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan motorik dan kebugaran jasmani anak tunagrahita Di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kalumbuk Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 siswa tunagrahita. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dengan sampel 20 siswa tunagrahita. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Barrow Motor Abilty Test, dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi dan Uji Hipotesis, dengan melalui persyaratan Uji Normalitas, dan Uji Linieritas. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 51.8% antara kemampuan motorik dengan kebugaran jasmani siswa tunagrahita, dengan nilai korelasi sig. (2-tailed) 0.004 < 0.05 yaitu nilai signifikan 0.004 lebih kecil dari 0.05. Dilihat dari nilai korelasinya 1 artinya kekuatan hubungan antara dua variabel disebut korelasi sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHB, BafirmanUNSPECIFIED
CorrectorAndria, YogiUNSPECIFIED
CorrectorHaris, FahmilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Kebugaran Jasmani Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:22
Last Modified: 07 Aug 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45593

Actions (login required)

View Item View Item