Perbandingan Penambahan Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Dan Mordan Jeruk Lemon (Citrus Limon) Terhadap Hasil Pewarna Kuku Daun Pacar (Lawsonia Inermis L)

Yanti, Yoli Afri (2022) Perbandingan Penambahan Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Dan Mordan Jeruk Lemon (Citrus Limon) Terhadap Hasil Pewarna Kuku Daun Pacar (Lawsonia Inermis L). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Yoli_Afri_Yanti_18078085_6516_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pewarna kuku kimia dalam kadar tertentu boleh digunakan. Namun jika digunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan risiko. Pada Daun pacar kuku mengandung zat warna lawsonia yang dapat di ekstrak sebagai warna kuning, jingga maupun warna orange saat digunakan sebagai pewarna kulit, kuku, rambut, kain sutra dan wol. Zat asam yang terkandung dalam jeruk lemon dapat melepaskan zat warna yang terdapat dalam daun pacar. Gambir memiliki kandungan katekin dapat dimanfaatkan sebagai pewarna tekstil yang menghasilkan warna cokelat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan hasil warna (hue) dan kecerahan warna (value) dari penggunaan daun pacar, gambir, dan jeruk lemon dengan perbandingan X1 (45 gr, 3 gr dan 5 ml), X2 (45 gr, 5 gr dan 10 ml), dan X3 (45 gr, 6 gr dan 10 ml). Metode penelitian ini ialah eksperimen dengan analisis kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 6 orang. . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sumber data yaitu 7 orang panelis Dengan teknik pengumpulan data berupa obervasi dan kuisioner/ angket. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS V.21 berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis Hipotesis Hasil dari penelitian ini yaitu nama warna pada X1 adalah sebanyak 100% memilih orange pucat (orange), X2 sebanyak 85,71% memilih warna orange terang (squash), dan X3 sebanyak 85,71% memilih warna orange pekat (ginger). Kecerahan warna pada perbandingan X1 yaitu sebanyak 85,71% memilih terang, X2 sebanyak 85,71% memilih terang, dan X3 sebanyak 85,71% memilih pekat. Dari uji analisis hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai Sig 0,02<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan pada haisl warna pewarnaan kuku dengan menggunakan daun pacar dengan gambir dan mordan jeruk lemon. Penulis mengharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dan diharapkan meneliti lebih lanjut terkait penggunaan pewarna kuku daun pacar dan gambir dengan variasi waktu tunggu pengaplikasiannya serta meneliti mengenai penggunaan pewarna kuku dengan menggunakan bahan alami lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:24
Last Modified: 04 Aug 2023 09:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45592

Actions (login required)

View Item View Item