Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image terhadap Perilaku Konsumsi Produk Skincare pada Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Mirza, Dhilla Viramita (2022) Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image terhadap Perilaku Konsumsi Produk Skincare pada Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Dhilla_Viramita_Mirza_18078030_4926_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada kemajuan teknologi saat ini, industri kosmetik Indonesia sangat berkembang, dan sebagian besar masyarakat menggunakan kosmetik kecantikan. Masalah kulit yang terjadi pada wanita biasanya muncul pada masa remaja. Menurut P.Minerva dan M.Astuti (2019) kecantikan dan kesehatan merupakan hal yang tidak dapat dipisah, seseorang dinayatakn cantik apabila memiliki kulit wajah yang sehat. Maka untuk itu seseorang perlu memiliki pengetahuan untuk memilih perawatan yang tepat dan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador idol k-pop dan brand image terhadap perilaku konsumsi produk skincare pada mahasiswa Tata rias dan kecantikan Universitas Negeri Padang. Pada observasi awal yang telah penulis lakukan pada tanggal 21 Mei 2022, penulis melakulan observasi terhadap 15 orang responden Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP angkatan 2018 dan 2019. Berdasarkan hasil observasi awal terdapat perbedaan perilaku konsumsi mahasiswa dalam mengambil keputusan dalam mengonsumsi produk skincare Scarlett Whitening bahwa kebanyakan mahasiswa dari hasil observasi yang telah dilakukan, mahasiswa mengonsumsi produk skincare Scarlett Whitening karena tertarik dengan orang yang megiklankan produk tersebut, walaupun harga skincare scarlett tidak terjangkau, mahasiswa masih terus ingin mengonsumsi produk skincare Scarlett Whitening tersebut. Menurut 15 orang mahasiwa suatu brand atau merek produk skincare Scarlett Whitening sangat berpengaruh atau berperan penting untuk memutuskan membeli produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP angkatan 2018 dan 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 responden. Teknik yang digunakan ialah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, brand ambassador idol k-pop berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi, brand image berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi produk skincare scarlett whitening pada mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan UNP, brand image berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. Secara simultan brand ambassador idol kpop dan brand image berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi produk skincare scarlett whitening pada mahasiswa tata rias dan kecantikan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa brand ambassador berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Variablel brand ambassador dengan nilai t hitung lebih besar dari jumlah t tabel dan memiliki pengaruh signifikan, yaitu nilai t hitung 2,613 ≥ t tabel 2.002, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (Y). Pada hasil dari penelitian Brand Image berpengaruh terhadap Perilaku Konsumsi. Variablel Brand Image menghasilkan nilai t hitung lebih besar dari jumlah t tabel dan memiliki pengaruh signifikan, yaitu nilai t hitung 5,006 > t tabel 2,002, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumsi (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorYupelmi, MimiUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:57
Last Modified: 04 Aug 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45568

Actions (login required)

View Item View Item