Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengeritingan Rambut Dasar di SMK Negeri 7 Padang

Putri, Chania Julia (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengeritingan Rambut Dasar di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_CHANIA_JULIA_PUTRI_18078029_7386_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran yang belum bervariasi pada mata pelajaran pengeritingan rambut teknik dasar, media pembelajaran yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan peserta didik dan belum terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis video Pembelajaran pada pengeritingan rambut teknik dasar di SMK Negeri 7 Padang, untuk menganalisis validitas, praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis video Pembelajaran pengeritingan rambut teknik dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMK N 7 Padang pada tanggal 23 Juli -10 September 2022. Subjek penelitian terdiri dari subjek validasi produk, subjek uji praktikalitas dan subjek uji efektivitas. Penelitian menggunakan model model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Prosedur pengembangan media menggunakan prosedur 4D. Jenis data adalah data primer yang bersumber dari dosen, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Instrument penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Perolehan hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validasi desain media sebesar 0,90 dengan kategori valid dan untuk validasi materi 0,92 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas didapatkan dari respon siswa sebesar 99,11 % dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas didapatkan dari respon guru sebesar 97% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 59,33 dan rata-rata nilai postest 85.0 dengan hasil perolehan nilai Gain sebesar 0.63 yang memiliki arti media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa. Dari perolehan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis video Pembelajaran dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Adapun saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini, yang pertama kepada guru untuk dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran dikelas, bagi siswa media video ini sirankan untuk memanfaatkan video ini dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYupelmi, MimiUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:57
Last Modified: 04 Aug 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45566

Actions (login required)

View Item View Item