Pengembangan Media Video Pembelajaran Rias Wajah panggung di Jurusan Tata Kecantikan SMK N 7 Padang

Saputri, Aprilia (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Rias Wajah panggung di Jurusan Tata Kecantikan SMK N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_APRILIA_SAPUTRI_18078025_4851_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan ditemukan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada materi ini kurang bervariasi, peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, guru hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah. Penggunaan media video dalam penelitian ini bertujuan untuk a) mengembangkan media video pada materi rias wajah panggung di SMK N 7 Padang. b) mengetahui tingkat kevalidan media video pada materi rias wajah panggung di SMK N 7 Padang. c) mengetahui tingkat kepraktisan media video pada materi rias wajah panggung di SMK N 7 Padang. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di SMK N 7 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK N 7 Padang. Subjek diambil dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang diberikan pada mata pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif menggunakan media video. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Uji kevalidan diperoleh dari lembar validasi berdasarkan penilaian para validator ahli, sedangkan uji kepraktisan diperoleh dari instrumen penelitian berupa angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian proses pengembangan media video pada mata pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif dengan menggunakan model 4D dengan tahapan yaitu tahan pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Media video pembelajaran ini dilengkapi dengan teks, gambar, suara, video dan musik untuk menciptakan tampilan media lebih menarik sehingga peserta didik mudah memahami materi dengan baik, nilai untuk validasi desain sebesar 0,90 dengan kategori sangat valid dan untuk validasi materi 0,85 dengan kategori sangat valid. Nilai dari praktikalitas diperoleh dari guru sebesar 97,2% dengan kategori sangat praktis dan dari peserta didik sebesar 88,2% dengan kategori sangat praktis. Adapun saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini untuk dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran dan dapat memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYupelmi, MimiUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:55
Last Modified: 04 Aug 2023 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45550

Actions (login required)

View Item View Item