Perbedaan Pengaruh Latihan Lateral Hurdle Jump Dengan Knee Tuck Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai (Studi Eksperimen Pada Atlet Putra Volleyball School Kerinci)

Daratista, Wangi (2022) Perbedaan Pengaruh Latihan Lateral Hurdle Jump Dengan Knee Tuck Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai (Studi Eksperimen Pada Atlet Putra Volleyball School Kerinci). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_WANGI_DARATISTA_18087210_6036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya loncatan pada saat melakukan jump servive, smash, dan block yang disebabakan oleh kurangnya daya ledak otot tungkai atlet putra Volleyball School Kerinci merupakan salah satu masalah dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh latihan lateral hurdle jump terhadap daya ledak otot tungkai pada atlet putra Volleyball School Kerinci. 2) Pengaruh latihan knee tuck jump terhadap daya ledak otot tungkai pada atlet putra Volleyball School Kerinci. 3) Perbedaan pengaruh latihan antara lateral hurdle jump dengan knee tuck jump terhadap daya ledak otot tungkai pada atlet putra Volleyball School Kerinci. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra Volleyball School Kerinci. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang berjumlah 14 orang. Sampel dibagi dua kelompok dengan cara ordinal maching pairing yang masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang kemudian diberi perlakuan latihan yang berbeda (kelompok A latihan lateral hurdle jump dan kelompok B latihan knee tuck jump). Tes yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes vertical jump. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda mean (uji t). Hasil dari peneltian ini : 1) terdapat pengaruh secara signifikan latihan lateral hurdle jump terhadap daya ledak otot tungkai dengan thitung 16,1 ttabel 2,44. 2) terdapat pengaruh secara signifikan latihan knee tuck jump daya terhadap ledak otot tungkai pada thitung 7,35 ttabel 2,44. 3) terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan latihan antara lateral hurdle jump dengan knee tuck jump terhadap daya ledak otot tungkai thitung 3.03 ttabel 2,44.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwadi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorMasrun, MasrunUNSPECIFIED
CorrectorYenes, RonniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lateral Hurdle Jump Knee Tuck Jump Daya Ledak Otot Tungkai Bola Voli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:26
Last Modified: 03 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45522

Actions (login required)

View Item View Item