Evaluasi Dan Penyesuaian Sistem Ventilasi Pada Tambang Batubara Bawah Tanah Lubang SD-C2 Manual PT. Nusa Alam Lestari Kecamatan Talawi Kota Sawah Lunto Provinsi Sumatera Barat

Tulistra, Khazana (2022) Evaluasi Dan Penyesuaian Sistem Ventilasi Pada Tambang Batubara Bawah Tanah Lubang SD-C2 Manual PT. Nusa Alam Lestari Kecamatan Talawi Kota Sawah Lunto Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_khazanatulistra_16137057_4280_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sistem ventilasi di Lubang SD-C2 PT. Nusa Alam Lestari adalah sistem hembus dan tidak menerapkan sistem hisap. Sehingga udara kotor dari front penambangan tidak segera tertransportasikan keluar, dan udara bersih yang dialirkan dari blower utama kembali tercampur dengan udara kotor yang berasal dari front penambangan. Beberapa kebocoran masih terdeteksi pada jalur ventilasi. Kebocoran masih terdeteksi pada jalur ventilasi kedalaman 2 m, 30 m, 50 m, 60 m, 70 m dari lubang bukaan. Setelah dilakukan pengukuran dibeberapa titik didapatkan nilai temperatur di Lubang SD-C2 Manual adalah 27-290C Kondisi yang melebihi Kepmen 1827 K/30/MEM/2018. Metode penelitian digunakan adalah Metode Terapan (Sugiono, 2013:2). Adapun sumber data yang digunakan adalah Data primer dan Data sekunder, dengan penyelesaian masalah menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Penyelesaian masalah dengan melakukan perhitungan kebutuhan udara bagi pekerja, alat, serta dilusi gas metan untuk mendapatkan kebutuhan udara total. Jumlah kebutuhan udara total yang diperlukan pada tambang bawah tanah PT. Nusa Alam Lestari pada lokasi lubang bukaan SD-C2 Manual untuk 15 orang pekerja sebesar (0,45 m3/s), udara yang dibutuhkan dalam front kerja sebesar (6,6248 m3/s) dan untuk mendilusi gas methan (0,099 m3/s) dengan kuantitas udara keseluruhan (10,237 m3/s). Berdasarkan perhitungan kuantitas udara yang diperlukan lubang membutuhkan 4 blower guna memenuhi kebutuhan tersebut, dan agar kondisi lubang semakin nyaman perlu ditambah dengan satu unit fan hisap untuk mempercepat transportasi udara pengotor ke luar lubang. Pemodelan sistem ventilasi menghasilkan model sistem ventilasi 3D sebelum dan setelah penambahan blower.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:59
Last Modified: 03 Aug 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45500

Actions (login required)

View Item View Item