Analisis Ketercapaian Produktivitas Bauxite Ore Getting Terhadap Produktivitas Washing Plant PT. Jaga Usaha Sandai (PT JUS) Site Sandai di Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimatan Barat

Kurniansyah, Fuji (2022) Analisis Ketercapaian Produktivitas Bauxite Ore Getting Terhadap Produktivitas Washing Plant PT. Jaga Usaha Sandai (PT JUS) Site Sandai di Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimatan Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_FUJI_KURNIANSYAH_17137007_4281_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Jaga Usaha Sandai (PT. JUS) merupakan salah satu perusahaan kontraktor dalam bidang Pertambangan Bauxite yang berlokasi di Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Proses penambangan di PT. Jaga usaha Sandai, disuatu front loading mengguna 1 unit Excavator untuk melayani 8 unit Dump Truck dan 1 alat washing plant untuk melakukan pencucian material bauxite. PT. jaga usaha sandai memiliki target sebesar 300.000 MT/bulan,dan untuk masing-masing washing plant sebanyak 75.000 MT/ bulan. Sedangkan realisasi produksi yang tercapai pada bulan oktober sebesar 246.554,09 MT maka hal tersebut dapat dikatakan belum tercapainya target produksi. Agar target produksi yang ditentukan tercapai maka perlu dilakukan analisis produktivitas aktual, jam kerja efektif, keserasian alat gali muat, dan produktivitas bauxite processing plant, ada bebarapa hal yang perlu dilakukan untuk menacapai target produksi dengan memperbaiki jam kendala, jam kerja efektif, meningkat jumlah populasi unit yang diterapkan dalam kegiatan penambangan, serta melakukan analisis ketercapaian produktivitas Ore getting terhadap produktivitas bauxite processing plant agar tercapainya target produksi yang telah ditentukan. Setelah dilakukan analisis dan upaya perbaikan didapatkan produksi pada alat gali muat 490,43 Ton/jam, alat angkut menjadi 45,06 Ton/jam dan bauxite processing plant menjadi 357,19 Ton/jam. Dan jam kerja efektif alat gali muat sebesar 83 %, alat angkut 84 %, dan bauxite processing plant menjadi 84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorAnarta, RudyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:59
Last Modified: 03 Aug 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45498

Actions (login required)

View Item View Item