Analisa Tingkat Kehilangan Batubara (Coal Losses) Dari Proses Coal Getting Sampai Barging di PT. Bhumi Sriwijaya Perdana Coal, Desa Beji Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan

Zaky, Farid Kanz (2022) Analisa Tingkat Kehilangan Batubara (Coal Losses) Dari Proses Coal Getting Sampai Barging di PT. Bhumi Sriwijaya Perdana Coal, Desa Beji Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_Farid_Kanz_Zaky_18137033_6275_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Bhumi Sriwijaya Perdana Coal merupakan perusahaan tambang batubara yang melakukan penambangan dengan metode penambangan terbuka dengan menggunakan perhitungan Joint Survey, Truck Count, Weight Bridge dan Draught Survey untuk menentukan progress penambangannya. Dari empat metode tersebut terdapat selisih hasil antar metode yang dianggap sebagai kehilangan batubara (coal losses). Penelitian ini bertujuan untuk mendapat nilai kehilangan batubara serta melakukan analisis mengapa perbedaan tersebut bisa terjadi. Perhitungan kehilangan ini didapati dari membandingkan nilai perhitungan antara metode dan membagi selisih tersebut dengan metode yang dianggap paling akurat yang dalam hal ini merupakan metode Joint Survey.Hasil perhitungan kehilangan batubara pada StockROM PIT bulan Juli 2022, sebesar -1,361.31 MT hingga -1,438.91 MT atau -0,81% hingga -6,53% pada masing-masing PIT. Selanjutnya Hasil perhitungan kehilangan batubara StockROM Port sebesar - 764,20 MT hingga -1,032.52 MT atau -0,80% hingga -7,08 % pada masing-masing PIT. berdasarkan analisa, kehilangan ini bisa diminimalisir dengan mengubah faktor pengali batubara di masing masing PIT, juga bisa dengan mengubah nilai timbangan pada saat proses hauling dengan cara mengurangi angka tonase hauling .Penelitian ini berkesimpulan bahwa setiap kegiatan penambangan memiliki potensi kehilangan yang tidak dapat dihindari, namun kehilangan tersebut dapat diminimalisir dengan menerapkan pengawasan dan perencanaan yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnarta, RudyUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
CorrectorNata, Refky AdiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:58
Last Modified: 03 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item View Item