Pengaruh Penambahan Arang Rumput Laut (Sargassum sp) dengan Grafit Murni terhadap Sifat Listrik Oksida Grafena yang Disintesis Menggunakan Metode Hummer Modifikasi

Ra’uf, Andhyka (2023) Pengaruh Penambahan Arang Rumput Laut (Sargassum sp) dengan Grafit Murni terhadap Sifat Listrik Oksida Grafena yang Disintesis Menggunakan Metode Hummer Modifikasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANDHYKA_RA’UF_18034068_4693_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Grafit merupakan bahan utama pembuatan Oksida Grafena, tetapi sumber karbonnya dapat digantikan atau dicampurkan dengan sumber biomassa lainnya. Pada penelitian ini biomassa yang digunakan sebagai sumber karbon pencampurannya adalah rumput laut (Sargassum sp) karena memiliki karbon yang dinilai cukup baik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan arang rumput laut terhadap sifat listrik Oksida Grafena. Bahan disintesis menggunakan metode Hummer modifikasi. Terdapat 4 variasi komposisi, yaitu 100% grafit murni, 70% grafit dengan 30% rumput laut (70:30), 60% grafit dengan 40% rumput laut (60:40) dan 50% grafit dengan 50% rumput laut. Hasil Oksida Grafena komposisi 100% grafit akan dibandingkan dengan hasil Oksida Grafena variasi komposisi yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Oksida Grafena telah berhasil disintesis dari penambahan arang rumput laut. Terlihat dari beberapa sifat khas Oksida Grafena pada sudut 2Ɵ dengan pengujian XRD, didapati mengandung gugus fungsi C-O, C=O, C=C dan O-H pada pengujian FTIR dan ditemukannya pengelupasan pada permukaan sampel karena proses oksidasi pada pengujian SEM. Penambaham arang rumput laut dengan grafit murni yang disintesis dengan metode Hummers modifikasi berpengaruh terhadap sifat listrik Oksida Grafena yang dihasilkan. Pada alat karakterisasi LCR Meter terjadi penurunan nilai konduktivitas bahan dan nilai kapasitansi area bahan Oksida Grafena.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorJhora, Fadhila UlfaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ARANG RUMPUT LAUT, OKSIDA GRAFENA, METODE HUMMER MODIFIKASI, SIFAT LISTRIK
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 00:56
Last Modified: 07 Aug 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45486

Actions (login required)

View Item View Item