Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TBSM di SMKN 1 Koto Gasib

Firzi, Adam Cornelis (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TBSM di SMKN 1 Koto Gasib. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_ADAM_CORNELIS_FIRZI_20073104_4116_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana perubahan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada kompetensi dasar Memahami Prinsip Kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator. Dikarenakan masalah pada proses pembelajaran belum terpusat pada siswa dan kurangnya keaktifan siswa sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebanyak 34 siswa kelas XI TBSM SMKN 1 Koto Gasib tahun ajaran 2021/2022 menjadi subjek penelitian. Dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi digunakan dalam teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian didapat data bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kompetensi dasar memahami prinsip kerja sistem bahan bakar bensin karburator melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus 1 sebanyak 21 siswa atau 61,76% siswa memperoleh nilai diatas KKM, kemudian pada siklus 2 sebanyak 28 siswa atau 82,30% siswa memperoleh nilai diatas KKM. Terdapat peningkatan sebesar 20,54%. Data ini sekali lagi mengisyaratkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI TBSM pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di SMKN 1 Koto Gasib dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45483

Actions (login required)

View Item View Item