Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Manufaktur Sistem CAD di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Fajri, Redha Nuzul (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Manufaktur Sistem CAD di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Redha_Nuzul_Fajri_18067015_6904_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran diukur dari hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil ujian siswa pada akhir semester ganjil tahun ajar 2021/ 2022 menunjukkan dominannya siswa yang belum dapat meraih batas Kriteria Ketuntasan Minimal, dari hal tersebut dapat diidentifikasi bahwa perolehan nilai siswa hasil pembelajaran di saat mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur untuk tingkat XI TP 1 di SMKN 1 Sumatera Barat masih belum sesuai harapan. Penggunaan model Project Based Learning, dalam riset ini hal yang di cari adalah menaikkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian Tindakan Kelas atau istilah lainnya (classroom action research) digunakan dalam penelitian tersebut. Penelitian ini menyertakan 15 orang siswa dari kelas XI TP 1 rumble A sebagai subjeknya. Hasil dari uji soal pilihan ganda ranah Kognitif tes dan tugas penyelesaian proyek pada bidang Psikomotor dari tes menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran siswa meningkat antar siklus tersebut. Pelaksanaan pembelajaran siklus pertama menghasilkan rata-rata untuk pembelajaran siswa sebesar 71,4 yang bergerak ke arah yang baik menjadi 81,8 hasil siklus kedua. Pada siklus pertama proporsi persentase per kelas siswa tuntas 40% , naik menjadi 87% pada Siklus kedua. Kriteria Ketuntasan Minimal 75 yang mensyaratkan ketuntasan klasikal minimal 75% merupakan ukuran keberhasilan penelitian. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hasil belajar peseta didik dapat ditingkatkan melalui memanfaatkan model pembelajaran Project Based Learning pada Gambar Teknik Manufaktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item