Tinjauan Efektivitas Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Hasil Belajar Praktek Teknik Pemesinan Frais Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang

Miswar, Miswar (2022) Tinjauan Efektivitas Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Hasil Belajar Praktek Teknik Pemesinan Frais Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Miswar_18067011_6876_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi hal wajib yang harus di pahami bagi siswa di setiap sekolah terhusus bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menjadi sasaran utama terhadap perlunya pengetahuan dan pemahaman tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan secara langsung berhubungan dengan masalah keselamatan dan kesehatan kerja baik saat pembelajaran praktek di bengkel maupun di industri nantinya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memerlukan pemahaman tentang perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. Begitu pula di SMK Negeri 5 Padang setiap pembelajaran praktek yang dilaksanakan di bengkel terkhusus pembelajaran praktek Teknik Pemesinan Frais, siswa wajib menerapkan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja. Namun masih banyak dari siswa yang lalai dengan penerapan K3. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara efektivitas dari penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada hasil belajar praktek Teknik Pemesinan Frais kelas XI di SMK Negeri 5 Padang dan untuk Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas XITP-1 SMK Negeri 5 Padang. Sampel penelitian ialah seluruh populasi yang diambil sebanyak 30 siswa di kelas XITP-1 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode penelitian memakai metode kuantitatif yang bersifat korelasi dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk observasi dan kuisioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang dipakai ialah teknik pra analisis berupa uji normalitas dan linearitas. Pengujian uji hipotesis yang dipakai ialah teknik korelasi Product Moment. Hasil tingkat efektivitas penerapan K3 terdapat 19 peserta didik (63,3%) menyatakan efektif tinggi, sedangkan 11 peserta didik (36,7%) menyatakan rendah serta korelasi yang didapatkan nilai koefisien sebesar 0,866>0,05, maknanya hubungan yang diberikan berdampak positif dan signifikan antara hasil belajar yang diproleh siswa dengan efektivitas penerapan K3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasman, JasmanUNSPECIFIED
CorrectorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorPrimandari, Sri Rizku PutriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:14
Last Modified: 03 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45477

Actions (login required)

View Item View Item