Optimalisasi Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Dan S1 Teknik Mesin Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang

Perkasa, Indra (2022) Optimalisasi Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Dan S1 Teknik Mesin Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Indra_Perkasa_18067065_6439_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa akhir departemen teknik mesin dalam menyusun skripsi. Penelitian dilatarbelakangi kecilnya persentase kelulusan tepat waktu pada mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa teknik mesin S1 sebanyak 32 mahasiswa dan mahasiswa pendidikan teknik mesin tahun masuk 2018 sebanyak 73 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 30 orang mahasiswa yang dipilih secara acak dari populasi. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis data deskriptif persentase. Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dengan metodelogi deskriptif. Hasil yang didapat pada penelitian berupa hasil penjabaran data serta ulasan secara umum perihal kesulitan yang dihadapi pada mahasiswa akhir Teknik Mesin yang terdiri dari variabel internal dan eksternal. Pada variabel internal terdapat beberapa poin kesulitan yang dihadapi ketika penyelesaian skripsi. Diawali dengan kesulitan dalam pemilihan topik permasalahan dan mengekspresikan ke inti judul, kesulitan menjabarkan permasalahan ke dalam variabel. Adapun poin lainnya seperti kesulitan melahirkan instrumen penelitian, menetapkan teknik analisis data dan analisis data hasil penelitian. Pada faktor eksternal ditemui kelalaian waktu dalam menjalankan proses pengerjaan skripsi yang mengakibatkan keterlambatan dalam penyelesaian pembuatan skripsi. Hasil yang kedua didapatkan bahwa hasil analisis dari kedua faktor tentang kesulitan penyusunan tugas akhir skripsi yang lebih besar berpengaruh dengan kriteria setuju adalah faktor eksternal (68,67%) sebagai faktor yang lebih berpengaruh dalam penyelesaian skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Risky EmaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:46
Last Modified: 03 Aug 2023 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45474

Actions (login required)

View Item View Item