Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang

Aziz, Fikrul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Fikrul_Aziz_18067006_6784_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat memicu pembaruan strategi dalam proses pembelajaran. Salah satunya pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bebasis Android menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite yang valid dan praktis. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan mengacu kepada model 4-D yang terdiri atas empat langkah yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang peserta didik kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Sedangkan kepraktisan penggunaan produk didapatkan melalui penyebaran angket kepada peserta didik kelas XI TPM SMK Negeri 5 Padang. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli media menunjukkan persentase 90,6% dengan kategori sangat valid, lalu validasi ahli materi menunjukkan persentase 86,65% dengan kategori sangat valid. Pada aspek kepraktisan dirangkum dari angket respon peserta didik menunjukkan persentase 91,2% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite layak dan praktis digunkan dalam proses pembelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:38
Last Modified: 03 Aug 2023 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45473

Actions (login required)

View Item View Item