Pengembangan Model Self-blend Learning Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan berbasis Website pada Sekolah Menengah Kejuruan

Dakhi, Oskah (2022) Pengembangan Model Self-blend Learning Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan berbasis Website pada Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_OSKAH_DAKHI_19193023_5630_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis) yang dilakukan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar diketahui bahwa belum optimalnya hasil belajar siswa dan belum maksimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran self-blend pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan berbasis Website yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development dengan mengadopsi model ADDIE (Molenda, 2015) melalui tahapan: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Teknik analisis menggunanakan uji Aiken’V, dan untuk menentukan validasi model menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion. Uji efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu. Penelitian ini menghasilkan model self-blend learning dengan lima sintak, yaitu: 1) Preparation Learning Orientation, 2) Acces Content and Activities, 3) Acces Content and Activities, 4) Assigment, Discuss and Implementation Face to Face & Online, 5) Evaluation of the Learning Outcome. Penelitian ini juga juga dilengkapi dengan hasil produk berupa buku model self-blend learning, buku ajar, buku panduan guru, buku panduan siswa dan buku penduan penggunaan sistem yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa model self-blend learning ini memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji sehingga layak digunakan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi alternatif untuk mengoptimalkan pembelajaran secara face to face dan online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:49
Last Modified: 03 Aug 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45465

Actions (login required)

View Item View Item