Dakhi, Oskah
(2022)
Pengembangan Model Self-blend Learning Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan berbasis Website pada Sekolah Menengah Kejuruan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis) yang dilakukan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar diketahui bahwa belum optimalnya hasil belajar siswa dan belum maksimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran self-blend pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan berbasis Website yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development dengan mengadopsi model ADDIE (Molenda, 2015) melalui tahapan: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Teknik analisis menggunanakan uji Aiken’V, dan untuk menentukan validasi model menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion. Uji efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu.
Penelitian ini menghasilkan model self-blend learning dengan lima sintak, yaitu: 1) Preparation Learning Orientation, 2) Acces Content and Activities, 3) Acces Content and Activities, 4) Assigment, Discuss and Implementation Face to Face & Online, 5) Evaluation of the Learning Outcome. Penelitian ini juga juga dilengkapi dengan hasil produk berupa buku model self-blend learning, buku ajar, buku panduan guru, buku panduan siswa dan buku penduan penggunaan sistem yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa model self-blend learning ini memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji sehingga layak digunakan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi alternatif untuk mengoptimalkan pembelajaran secara face to face dan online.
Actions (login required)
|
View Item |