Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Hilman, Antoni (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANTONI_HILMAN_18067026_7774_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya aktivitas belajar serta perolehan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM kelas XI TM 2 di SMK Negeri 1 Tanjung Raya masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester ganjil tahun 2021/2022 terdapat peserta didik belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TM-2 bertotal 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Mei-Juni 2022 memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes pilihan ganda. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa yang ditetapkan minimal 80% dengan kategori baik. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata-aktivitas belajar siswa 69,94% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 81,14%. Peningkatan aktivitas belajar siklus 1 dan siklus 2 sebesar 11,19%. Indikator keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 81,14%. Pengembangan hasil belajar peserta didik setiap siklusnya dilihat dari hasil tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian pada manifestasi siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 75,24 memiliki peningkatan signifikat pada siklus 2 menjadi 80,81. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 70% adanya peningkatan siklus 2 menjadi 85%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasal klasiklal minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapankan model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) di mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:49
Last Modified: 03 Aug 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45463

Actions (login required)

View Item View Item