Arta, Al-lika Fadia
(2022)
Perancangan Media Animasi Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada penelitian ini dirancang dengan tujuan (1) menghasilkan media animasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 1 Sumatera Barat; dan (2) mengukur tingkat validitas yang layak pada media pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 1 Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan sebuah perancangan dengan desain penelitian menggunakan model 4D sebagai metode pengembangan dalam perancangan ini. Model 4D ini memiliki 4 tahapan, yaitu (1) Define (Pendefinisian); (2) Design (Perancangan); (3) Develop (Pengembangan); (4) Disseminate (Penyebaran) (Kartika 2022). Teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran angket dengan pemberian skor jawaban berdasarkan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial (Sugiyono 2012). Dari penelitian ini dihasilkan validasi ahli media mencapai rata-rata sebesar 95,6% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli materi dengan rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Meskipun media animasi ini dinilai layak diterapkan dalam pembelajaran, memiliki beberapa keterbatasan bagi guru dalam menerapkan penggunaan media animasi ini dalam belajar.
Actions (login required)
|
View Item |