Struktur Penyajian Diki Asrakal dalam Acara Ptang Balimau di Kesultanan Nopugho Desa Indrapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Bramasta, Revo (2023) Struktur Penyajian Diki Asrakal dalam Acara Ptang Balimau di Kesultanan Nopugho Desa Indrapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_REVO_BRAMASTA_17023125_2226_2023.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Struktur Penyajian Diki Asrakal Dalam Acara Ptang Balimau di Kesultanan Nopugho Desa Indrapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen adalah peneliti sendiri dan menggunakan beberapa instrumen tambahan seperti alat tulis dan Handphone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah–langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian Diki Asrakal tetap dilestarikan dari dulu hingga sekarang, walaupun untuk meneruskan kesenian Diki Asrakal ini butuh usaha yang lebih keras karena kesenian Diki Asrakal ini hanya dimainkan oleh laki-laki saja. Diki Asrakal ini dari beberapa sisi mengalami kemunduran dan disisi lainnya juga mengalami kemajuan. Kemunduran dikarenakan hanya sedikitnya peminat untuk belajar kesenian Diki Asrakal dari kalangan anak muda yang jarang sekali tertarik dengan musik tradisional, apalagi kesenian Diki Asrakal ini hanya dimainkan oleh kaum laki-laki saja, kemajuannya sudah ada beberapa kelompok yang mengangkat kembali kesenian Diki Asrakal baik di nagari setempat maupun diluar nagari setempat terutama sanggar-sanggar yang ada di desa Indrapura. Maka dalam pertunjukan Diki Asrakal selalu menuju pada ritual adat setempat yang mana struktur penyajiannya yang pertama persiapan, berdoa bersama dan bersholawat, penyajian diki asrakal, dan penutup. Semua itu dipimpin oleh Sultan Indrapura (Rusdal Inayatsah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
CorrectorWimbrayardi, WimbrayardiUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, Hengki ArmezUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:49
Last Modified: 03 Aug 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45457

Actions (login required)

View Item View Item