Optimasi Penyerapan Zat Warna Rhodamin B Menggunakan Karbon Aktif Dari Kuit Langsat (Lansium Domesticum) dengan Metode Batch

Erza, Annisa Nabila Rahma (2023) Optimasi Penyerapan Zat Warna Rhodamin B Menggunakan Karbon Aktif Dari Kuit Langsat (Lansium Domesticum) dengan Metode Batch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ANNISA_NABILA_RAHMA_ERZA_19036171_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rhodamin B merupakan salah satu zat warna yang sangat berbahaya karena bersifatkarsinogenikdandapatmenyebabkanberbagaipenyakit.Limbahrhodamin B kebanyakan berasal dari limbah pabrik industri tekstil, batik dan makanan. Metode Adsorpsi merupakan salah satu cara yang efisien dan efektif untuk mengurangi keberadaan zat warna pada larutan. Kulit langsat dapat diolah menjadi karbon aktif dan digunakan sebagai adsorben. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH, pengaruh konsentrasi, pengaruh kecepatan pengadukan, pengaruh waktu kontak dan pengaruh massa adsorben terhadap adsorpsi zat warna Rhodamin B oleh kulit buah langsat setelah di aktivasi menggunakan HN03 0,1M dengan ukuran partikel karbon yaitu 250 µm. Karbon dari kulit langsat dikarakteristik menggunakan FTIR. Penyerapan maksimum zat warna Rhodamin B terjadi pada pH 3 dengan kapasitas penyerapan yaitu12,208 mg/g, untuk variasi konsentrasi terjadi penyerapan maksimum pada konsentrasi larutan 300 ppm dengan kapasitas penyerapan yaitu 32,914 mg/g. Sementara penyerapan maksimum untuk variasi kecepatan pengadukan terjadi pada kecepatan 200 rpm dengan kapasitas penyerapannya yaitu 33,923 mg/g , kapasitas penyerapan pada variasi waktu kontak pada menit ke-120 adalah sebesar 34,996mg/g dan kapasitas penyerapan pada variasi massa adsorben pada massa 0,2 g yaitu 36,007 mg/g Model isotherm adsorpsi zat warna Rhodamin B oleh karbon kulit buah langsat yang diaktivasi menggunakan HNO3 mengikuti Model Isotherm Langmuir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RHODAMIN B, KARBON AKTIF, KULIT LANGSAT, METODE BATCH
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Aug 2023 00:53
Last Modified: 07 Aug 2023 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45447

Actions (login required)

View Item View Item