Biosorpsi Ion Logam Cr(VI) dalam Larutan Menggunakan Biosorben Selulosa Hasil Isolasi Kulit Buah Matoa (Pometia pinnata)

Akbar, Fauzan Aulia (2022) Biosorpsi Ion Logam Cr(VI) dalam Larutan Menggunakan Biosorben Selulosa Hasil Isolasi Kulit Buah Matoa (Pometia pinnata). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FAUZAN_AULIA_AKBAR_18036121_4294_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ion Logam Cr(VI) adalah salah satu jenis logam berat yang toksik sehingga mengakibatkan pencemaran dalam lingkungan. Dalam perairan apabila kromium melebihi batas 0,5 mg/L akan menyebabkan rusaknya ekosistem dan lingkungan disekitarnya, sehingga diperlukan penanggulangan dari pencemaran yang disebabkan oleh limbah kromium. Biosorpsi menggunakan biosorben selulosa hasil isolasi kulit buah matoa dipilih sebagai salah satu metode yang efisien. Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui kapasitas penyerapan dari kulit buah matoa dan menentukan kondisi optimum penyerapan ion logam Cr(VI) dilakukan dengan metode batch dengan variasi pH dan konsentrasi. Diperoleh hasil penelitian rendemen selulosa dari kulit matoa sebesar 41,3% dengan kadar kemurnian 47,36%. Didapatkan pH optimum penyerapan ion logam Cr (VI) pada pH 2 dan konsentrasi optimum 250 ppm dengan kapasitas penyerapan sebesar 11,6403 mg/g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorBeri, DeskiUNSPECIFIED
CorrectorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:17
Last Modified: 02 Aug 2023 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45445

Actions (login required)

View Item View Item